Okja poster

Apa sih yang bisa kita pelajari dari tokoh-tokoh di film OKJA?

o4

Selama 10 tahun yang indah, Mija (Ahn Seo-Hyun) muda telah menjadi pengasuh sekaligus pendamping setia Okja – binatang sejenis Babi berukuran super besar – di rumahnya di pegunungan Korea Selatan. Tapi semuanya berubah ketika perusahaan Mirando Corporation membawa Okja untuk promosi produk perusahaannya dan membawanya ke New York, di mana sang CEO pengusaha konglomerat Nancy Mirando (Tilda Swinton) sangat terobsesi untuk menjadi pengusaha yang sukses memiliki rencana besar untuk Okja, teman tercinta Mija. Tanpa rencana yang jelas, tapi dengan tujuan yang bulat, Mija memulai misi penyelamatan Okja. Itulah premis film ‘OKJA’ yang diputar di Movie Time @ UC Library pada Jumat (22/9) lalu.

Apa saja sih yang bisa kita pelajari dari para tokoh film ini?

(Spoiler Alert)

  1. Mija (Ahn Seo-Hyun) & Okja.

Meskipun Okja memiliki berat ratusan kilo lebih besar dari Mija dan spesies yang sama sekali berbeda, namun mereka adalah Best Friend Forever! 2 sahabat yang tidak terpisahkan.

Di awal film, ditunjukkan bagaimana persahabatan mereka ditunjukkan ketika mereka bersenang-senang, bahkan ketika Mija tergelincir di tepi jurang, dan Okja ‘mengorbankan’ dirinya, mempertaruhkan nyawa menyelamatkan Mija. Giliran Okja dibawa oleh Dr. Johnny Wilcox (Jake Gyllenhaal), dengan perasaan marah dan tekad yang bulat, Mija bergegas meninggalkan peternakan menuju ke Seoul untuk merebut sahabat terkasihnya kembali. Ada tertulis, “Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabatnya.” 

  1. Jay (Paul Dano) dan Animal Liberation Front (ALF)

Ketika bertekad untuk mendapatkan Okja kembali, Mija mendapat bantuan serta juga hambatan dari Animal Liberation Front (ALF) yang dipimpin oleh Jay (Paul Dano), seorang pria bersosok necis dan tenang. Mempunyai niat yang baik untuk menyelamatkan Okja dan sekaligus membongkar konspirasi jahat perusahaan Mirado, namun mereka melakukan kesalahan ketika salah satu anggota, K (Steven Yeun) dengan sengaja salah menerjemahkan perkataan Mija (yang tidak bisa berbahasa Inggris), yang sekaligus mengkhianati kepercayaan Mija kepada Jay dan ALF. Hal tersebut ia lakukan karena beranggapan misi pribadi mereka lebih penting dari relasi antara 2 sahabat Mija, dan Okja.

Sangat penting untuk kita sadari bahwa janganlah sampai ambisi pribadi kita membuat kita menjadi pribadi yang egois dan melupakan teman-teman kita.

  1. Johnny Wilcox (Jake Gyllenhaal)

Sebagai dokter hewan dengan kumis tebal dan bersuara tinggi, diselingi engan tingkah yang konyol, Dr Johnny Wilcox menggambarkan seorang yang terpuruk karena dirinya tidak sesukses dirinya yang dulu. Sifat iri-nya muncul karena sang CEO Lucy Mirando lebih memilih Mija daripada dirinya menjadi bintang utama dalam parade puncak 10 tahun SuperPig Project membuat dirinya gelap mata mulai menyiksa Okja sebagai pelampiasannya.

Seorang pribadi yang masih bergelut dengan masa lalu dan tidak move on, tidak bisa dikatakan sebagai orang yang sukses. Seorang entrepreneur adalah seorang yang tahu saat ini dunia sedang bergerak maju, dan hanya orang kalah yang selalu mempermasalahkan masa lalunya yang kelam.

 4. Lucy and Nancy Mirando (Tilda Swinton)

Sosok antagonis dalam film ini adalah Lucy Mirando, CEO Mirando Corporation yang mengambil perusahaan warisan kakek dan ayahnya dari saudarinya Nancy dengan tujuan memperbaiki citra perusahaan yang dulu terkesan kontroversial dan kejam.

Menghalalkan segala cara, termasuk ‘membohongi’ publik dengan program ‘SuperPig’ yang dikatakannya adalah hewan dengan kelahiran alamiah yang ditemukan di Chile, namun kenyataannya babi-babi tersebut adalah hasil dari rekayasa genetika.

Nancy muncul di akhir film setelah parade acara puncak memamerkan Okja setelah 10 tahun ke publik hancur berantakan setelah ALF menayangkan video hasil investigasi mereka. Nancy dating dan dengan cepat mengambil alih Mirando Corporation, mempermalukan adiknya terakhir kali dan merebut kembali Okja dan menyuruh semua anggota ALF dipukuli dan ditangkap.

Walau kembar, Lucy berbeda dengan Nancy. Lucy masih menunjukkan sedikit kepedulian terhadap Mija (dengan memsukkannya ke acara parade dan semua fasilitas yang ditanggung), namun Nancy benar-benar berlawanan, dia sangat dingin, tidak berperasaan dan hanya fokus pada uang dan kemajuan perusahaan, Nancy adalah business-woman yang sangat serius.

Menjadi seorang entrepreneur sangat tidak mudah, banyak tantangan yang akan dijalani. Jangan pernah motivasi mendapatkan untung sebanyak-banyaknya dan kemajuan perusahaan menggantikan tujuan utama dari entrepreneurshiup itu sendiri, yaitu memberikan solusi bagai masyarakat yang membutuhkan. Tetap fokus pada tujuan utama, lakukan yang terbaik, niscaya bonus keuntungan akan mengikuti.

WhatsApp Image 2017-09-25 at 12.57.01 (2)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>