Dangal - poster

What a startup can learn from the movie Dangal?

Dangal_Trailer

Film yang diputar pada Movie Time @ UC Library pada Jumat (8/9) lalu ini menceritakan Mahavir Singh Phogat (Aamir Khan) yang pernah menjuarai sebuah turnamen gulat yang memiliki mimpi untuk memenangkan medali emas untuk kompetisi gulat dunia. Namun, masalah finansial memaksanya pensiun dari karirnya sebagai pegulat profesional. Pada saat itu Phogat mengharapkan jika kelak anak lelakinya dapat meneruskan cita-citanya. Akan tetapi Phogat merasa putus asa setelah istrinya melahirkan empat anak perempuan. Beberapa tahun kemudian ia melihat kedua anak perempuannya, Geeta dan Babita mengalahkan dua orang anak laki-laki. Phogat menyadari bakat mereka dan mulai melatih anak-anaknya menjadi pegulat profesional.

There are a few very good lessons for startups in the movie:

1. Set your Goal and Focus!

Sempat kecewa karena setelah empat kali kelahiran, empat kali pula dia harus mengalami kekecewaan karena keempat anaknya terlahir perempuan. Walau dia tetap mencintai keempatnya anaknya, namun ia merasa hanya anak laki-laki yang mampu mewujudkan impiannya.

Walau sempat putus asa, akhirnya Mahavir memutuskan untuk melatih kedua anak perempuannya, Geeta Phogat (Fatima Sana Shaikh) dan Babita Kumari (Sanya Malhotra) untuk barmain gulat setelah Mahavir melihat ke-2 putrinya berkelahi memukuli anak laki-laki yang mengejek mereka.

Mahavir telah menetapkan tujuannya bahkan sebelum anak perempuannya lahir dan dia tidak pernah dialihkan dari tujuannya tersebut. Memenangkan medali emas bagi negaranya. Jika Anda telah menetapkan tujuan hidup Anda, Anda tidak boleh mengalihkan fokus Anda sampai Anda mencapai tujuan Anda. Catat tujuan Anda dan cek setiap hari, apakah Anda maju ke arah yang benar. Jika tidak, fokuskan pada tujuan Anda kembali dan maju ke arah itu.

2. Tidak ada jalan pintas menuju kesuksesan.

Tidak ada jalan lain untuk sukses selain kerja keras. Film ini mengajarkan kepada kita pentingnya kerja keras dalam hidup dan bagaimana hal itu membantu pencapaian impian kita. Setiap hari Geeta dan Babita memulai latihan jam 5 pagi. Meskipun melelahkan, hal itu membantu mereka membentuk fisik dan teknik mereka sehingga siap untuk maju dalam setiap pertandingan. Anda perlu bekerja ekstra untuk mengetahui apa yang tersembunyi dan akhirnya mencapai tujuan Anda.

3. Be Open Minded

Di film ini diceritakan Geeta Phogat mengalami kekalahan di sebagian besar pertandingan internasional pada awal karirnya, dikarenakan dia mulai melupakan teknik tradisional yang diajarkan oleh ayahnya dan lebih memusatkan perhatian di teknik-teknik yang baru. Namun, nyatanya metode tradisional ayahnyalah yang membawa kemenangan-kemenangan dalam pertandingan internasionalnya. Teknik tradisional masih memiliki relevansi bahkan di era digital ini, dan tantangan kita bukanlah memilih salah satunya, namun bagaimana kita bisa mengkombinasikannya demi tercapai tujuan kita.

4. Believe in Yourself!

Saat Geeta berjuang keras untuk mendapatkan medali emasnya, dia memikirkan saran-saran yang diberikan ayahnya kepadanya. Mengambil 5 poin adalah salah satu hal yang sulit dalam gulat, tapi bukan yang tidak mungkin. Di saat ia membutuhkan saran ayahnya, ia tidak ada di tempat. Lalu apakah pertandingan berhenti menunggu Mahavir datang? Tentu tidak! Dan pertandingan tetap berlanjut dan disitulah Geeta harus percaya pada dirinya sendiri untuk mengambil poin 5 itu selama detik-detik menjelang pertandingan.

Anda perlu bekerja lebih keras menuju tujuan Anda. Untuk itu Anda perlu percaya pada diri sendiri. Jangan menyerah. Selalu ada rencana lain atau strategi lain yang bisa diimprovisasi. Jika Anda pikir Anda kehabisan pilihan, pikirkan lebih keras.

5. Make a Strategy!

Dalam film ini, Mahavir Singh Phogat memiliki banyak strategi dan rencana untuk melawan setiap lawan anak perempuannya. Sebelum setiap pertandingan, dia melihat seluruh video dari perpustakaan dan mengevaluasi permainan Geeta serta melihat setiap celah yang bisa dimanfaatkan oleh anaknya. Berdasarkan fakta, ia mengembangkan sebuah rencana untuk pertandingan berikutnya. Ketika pelatih tim nasional meminta Geeta untuk menyerang lawan, Mahavir menasihati putrinya untuk tetap tenang dan bertahan dengan baik sehingga dia bisa menunggu lawannya melakukan kesalahan. Setiap permainan adalah pertandingan yang berbeda dan Anda perlu memiliki strategi dan rencana yang berbeda untuknya.

 

Film ini berdasarkan kisah nyata dan Geeta dan Babita Phogat telah memenangkan lebih dari 20 medali internasional untuk negaranya, India. Kisah Mahavir Singh Phogat dan anak-anaknya adalah inspirasi dalam kehidupan nyata. Semoga ini akan menginspirasi beberapa dari kita dan membantu mereka mencapai tujuan untuk tahun yang akan datang dan masa depan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>