Apa saja sih yang bisa kita maknai dari film “Cek Toko Sebelah”

 

Di hari Jumat lalu (9/2), UC Library memutar film berjudul “Cek Toko Sebelah”. Film komedi keluarga ini menceritakan seorang laki-laki bernama Erwin (Ernest Prakasa), seorang pemuda yang memiliki karir yang mantap. Ia juga mempunyai seorang kekasih yang cantik bernama Natalie (Gisella Anastasia).
Ayah Erwin Bernama Koh Afuk (Chew Kin Wah) mulai sakit-sakitan dan kesehatannya kurang begitu baik. Ayahnya berencana mewariskan toko sembakonya untuk Erwin yang juga anak kesayangannya.
Dilain sisi, Yohan (Dion Wiyoko) yang merupakan kakak Erwin, menjadi marah karena merasa dilangkahi. Sebagai anak paling besar yang merasa lebih perhatian pada kedua orangtuanya. Yohan yakin ia dan Istrinya Ayu (Adinia Wirasti) adalah yang paling berhak meneruskan toko tersebut. Itulah garis besar cerita film ini, namun kira-kira apa saja sih yang bisa kita maknai dari film karya Ernest Prakasa ini?

 

  1. Toleransi keberagaman

Koh Afuk (Chew Kin Wah), pemilik usaha toko dalam film ini digambarkan sebagai sosok yang sangat dekat dengan seluruh pegawainya yang berbeda karakter, ras & bahkan agama. Koh Afuk sangat menghargai seluruh karyawannya bahkan menganggap merek sebagai keluarga sendiri. Diakhir cerita pun, akhirnya Koh Afuk menjadi dekat dengan pemilik toko yang telah menjadi saingannya sejak lama, Pak Nandar (Budi Dalton). Film ini juga menyisipkan edukasi sejarah  tentang ras dan keberagaman di Indonesia lho.

  1. Always help the weak!

Koh Afuk sangat bertanggung jawab pada seluruh karyawannya, ia juga mengajarkan anaknya, Erwin (Ernest Prakasa), untuk berlaku sama. Koh Afuk juga memberi peringatan pada Robert (Tora Sudiro) untuk berhenti memperlakukan pegawainya, Anita (Yeyen Lidya), dengan semena-mena. Koh Afuk menunjukkan pada kita bagaimana seorang manusia sejatinya harus membantu yang lebih lemah dan tertindas.

Meskipun masalah yang dihadapi keluarga Koh Afuk sangatlah kompleks tetapi mereka membuktikan bahwa karena cinta, hubungan mereka kembali baik. Begitu juga hubungan Erwin dan Natalie (Gisella) serta hubungan Yohan (Dion Wiyoko) dan Ayu (Adinia Wirasti) yang kembali hangat karena cinta mereka lebih besar dibanding masalah yang mereka hadapi. Cinta yang kuat dapat mempersatukan keluarga. Happiness is homemade!

 

Oleh Faradilla Ayu Winanda (10116228)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *