INTEGRITAS, PROFESIONALISME, DAN ENTREPRENEURSHIP (IPE) BERKELANJUTAN

Oleh Bapak Ciputra

 

Merupakan berkat yang melimpah dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga saya dapat menjadi bagian dari kemajuan industri Properti di Indonesia. Di tahun 60-an saya mendirikan Jaya Group bersama Pemerintah DKI, di tahun 70-an saya bersama rekan-rekan mendirikan Metropolitan Group, dan di tahun 80-an bersama keluarga mendirikan Ciputra Group, yang hingga kini sudah membangun hingga 40 kota di seluruh Indonesia serta beberapa kota Asia. Sudah lebih dari 5 dekade saya turut membangun Indonesia melalui cipta karya di dunia property.

Selama perjalanan tersebut, saya memperhatikan bahwa dunia properti memiliki siklusnya tersendiri, ibarat cross country runner, dunia properti akan menghadapi berbagai rintangan serta jalan yang berliku naik dan turun. Namun apakah yang menyebabkan kita dapat terus berlari dengan semangat serta mampu melampaui semua itu. Perenungan saya yang panjang menyimpulkan bahwa Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship (IPE) menjadi fundamental saya dalam berpikir, bergaul, dan berkarya selama berpuluh-puluh tahun sehingga dapat melalui perjalanan panjang penuh tantangan, naik, dan turun dan harus melalui berbagai kondisi ekonomi makro yang bergelombang dan kadang mengejutkan serta tak terduga sama seperti peserta cross country runner yang sedang berlomba. Saya simpulkan bahwa IPE tsb harus kita tetap pegang sebagai nilai-nilai utama Grup Ciputra dan IPE harus dapat kita wujudkan dalam tindakan dan pekerjaan sebagai sesuatu yang menyatu dan utuh. Apa yang akan terjadi bila IPE dapat kita praktekkan secara utuh? Mari melihat ilustrasi berikut ini.

Saya berkeyakinan bila perusahaan secara terus menerus dapat mengintegrasikan IPE secara utuh, tidak sepotong-sepotong dan sinambung maka dengan sendirinya akan terjadi perusahaan yang superior dan berkelanjutan atau perusahaan berada di daerah D dalam diagram diatas. Bagaimana dengan daerah A, B dan C? Perusahaan yang berada di daerah A memiliki Integritas atau dapat dipercaya dan juga memiliki Profesionalisme atau dapat diandalkan, perusahaan seperti ini hanya sukses di masa kini tapi akan kehilangan masa depan. Kenapa? Alasannya segala sesuatu yang kita anggap hebat pada masa sekarang suatu kali kelak akan kadaluwarsa, kehebatan perusahaan seperti ini akan tergerus oleh arus perubahan jaman dan persaingan bisnis. Perusahaan yang di daerah B memiliki Profesionalisme dan Entrepreneurship, perusahaan ini unggul dan memiliki inovasi untuk masa depan namun karena tidak memiliki Integritas maka perusahaan akan kehilangan pelanggan. Serapat-rapatnya perusahaan menutupi kecurangannya suatu kali kelak pelanggan akan tahu bahwa perusahaan tidak berintegritas dan siapa yang mau tertipu untuk ke dua kali? Lebih celaka lagi pelanggan yang tertipu biasanya menuntut dan menceritakan kepada banyak orang pengalaman buruknya. Perusahaan di daerah C memiliki Integritas dan Entrepreneuship, perusahaannya memiliki nama baik dan dipercaya serta memiliki inovasi-inovasi baru untuk masa depan, namun pada saat pelaksanaan Profesionalisme tidak terjadi. Jadwal penyerahan produk terlambat dan kualitas produk tidak seperti di brosur. Nah, inipun sebuah bencana karena dengan tidak adanya Profesionalisme perusahaan akan kehilangan reputasi.

Beberapa waktu lalu, Millward Brown merilis Top 50 Most Valuable Indonesian Brands dan Ciputra Group di peringkat 20 dari seluruh industri dan sebagai peringkat pertama di industri real estat, dengan total nilai brand 484 juta dollar Amerika. Kemudian yang terbaru adalah Forbes Indonesia mencatat kita dalam 50 Best of the Best emiten Indonesia di peringkat ke 7, yang tahun ini sudah ketiga kalinya kita ter- masuk 50 Best of the Best versi Majalah kenamaan tersebut. Pengakuan ini merupakan capaian dari seluruh jajaran Direksi hingga staff dan karyawan Ciputra Group yang telah bersama-sama bekerja keras dan menerapkan Integritas, Profesionalisme, dan Entrepreneurship secara berkesinambungan. Saya simpulkan tidak ada pilihan lagi selain memadukan Integritas, Profesionalisme, dan Entreprenurship secara utuh, tidak sepotong-sepotong dan harus terus menerus dari top management sampai yang operasional. Inilah yang sedang dan akan selalu kita lakukan di Grup Ciputra. Saya pun sangat berterima kasih kepada seluruh staff, manager, direktur yang telah bekerja keras untuk sukses bersama Ciputra Group, semoga kita akan terus berkarya yang bermanfaat bagi bangsa hingga dunia dengan hasil yang lebih unggul lagi. Salam IPE dari saya.

 

Sumber: Ciputra News Edisi October 2015

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *