iTalk: Basic Interpersonal Communication

i-Talk is Back! Hari Jumat lalu (15/02) UC Library & HTB-UC kembali melaksanakan i-Talk (Innovation Talk) bertema “Basic Interpersonal Communication”, dengan dosen HTB-UC, Clarissa Listya Susilo, S. E., M.M. sebagai pembicaranya.

Acara yang dimulai pukul 10.00 wib dan di buka oleh penampilan Resonance (UKM Band) ini membahas tentang bagaimana sebaiknya komunikasi Interpersonal berjalan. Ibu Clarissa Listya Susilo menjelaskan bahwa komunikasi yang baik adalah komunikasi yang menggunakan metode SIR (Sensing, Interpreting & Responding). Mahasiswa kemudian diajak untuk turut andil dalam mini games yang bertujuan untuk lebih memahami  proses komunikasi dengan metode SIR.

Lebih lanjut, ibu Clarissa menjelaskan hal-hal lain yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi:

  1. Create good first time

Berikan kesan pertama yang baik dan professional dengan berpakaian sesuai dengan situasi & acara, melakukan jabat tangan yang baik dan tunjukkan entusiasme terhadap lawan bicara.

  1. Build rapport

Bangun hubungan dengan lawan bicara, carilah kesamaan

  1. Dont be interesting – Be interested!

Dalam berbicara, tunjukkanlah rasa ketertarikan pada lawan bicara, alih-alih mendominasi pembicaraan, dengarkan lawan bicara dan tunjukkan rasa empati kepadanya.

  1. Give them something memorable

Tutup percakapan dengan sesuatu yang mudah diingat, berikan kata-kata penutup yang hangat dan bernilai serta jangan lupa untuk memberikan kartu nama.

Acara yang di bawakan langsung oleh Head of Departement Library, ibu Suzanna Katharina Mamahit ini disambut antusias oleh mahasiswa UC & berlangsung interaktif.

Oleh Faradilla Ayu Winanda (10116228)

 

Untuk foto-foto yang lain, silahkan klik di sini.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *