“Keajaiban” Wisata Finlandia dan Norwegia

Keajaiban Wisata Finlandia dan Norwegia. Kompas. 20 September 2017. Hal.28 001-page-001

SETIAP benua memiliki pesona wisata yang khas. Di Eropa, misalnya, tiap bagian benua ini memiliki destinasi wisata yang unik. Di Eropa utara, tepatnya di Finlandia dan Norwegia, wisatawan disajikan keindahan alam yang memesona dan tempat-tempat bersejarah yang masih terjaga hingga saat ini.

Finlandia, negara yang merupakan terbesar ke-8 di Eropa ini menyajikan beragam kegiatan wisata yang seru dan tak dapat ditemukan di tempat lain. Di Kota Helsinki, wisatawan dapat mengunjungi Gereja Temppeliaukio. Gereja ini dirancang oleh Tuono dan Timo Suomalainen.

Dikenal sebagai “The Church of Rock”, gereja ini dibangunan dimulai pada 1968. Permukaan dinding yang tampak dari bebatuan dibiarkan kasar sehingga mampu memberikan efek akustik yang ideal. Dengan demikian, gereja ini sering digunakan untuk penampilan konser.

Masih di Finlandia, wisatawan dapat lanjut ke Porvo. Kota tertua kedua di Finlandia setelah Turku. Porvo Old Town merupakan kota tua yang cantik nan antik dan sudah ada sejak abad ke-13. Di kota ini, wisatawan dapat mengunjungi Katedral Porvo. Sebuah katedral yang didedikasikan untuk Bunda Perawan Maria dan dibangun abad ke-15.

Setelah itu, teruskan perjalanan menikmati Finlandia menuju Rovaniemi. Di kota ini kunjungi Desa Santa Klaus. Perjalanan wisata di kota ini akan seperti di negeri dongeng sebab di sini wisatawan dapat melihat dari dekat kantor pos dan ruang kerja Santa Klaus. Selain itu, wisatawan dapat menyeberangi batas lingkar Kutub Utara, kemudian akan mendapat sertifikat sebagai bukti telah menyeberangi batas dan masuk ke lingkar Kutub Utara (Arctic Circle). Lucu, ya.

Lalu, tak lupa kunjungi Reindeer Farm yang terkenal akan peternakan rusa kutub dan berkesempatan untuk menikmati Reindeer Sledge Riding. Ini adalah berseluncur di atas salju dengan ditarik oleh rusa bertanduk panjang. Tak ketinggalan, nikati juga sensasi berkendara dengan  snow mobile safari sembari melihat indahnya pemandangan.

Esok harinya, lanjutkan perjalanan ke Kakslautanen Artic Resort. Di tempat ini terdapat Igloo house/ice hotel yang di dalamnya terdapat Igloos, galery, serta ice bar. Setelah itu, menuju Husky Farm dengan menggunakan Husky Sleigh Drive. Pada malam harinya jika beruntung, Anda berkesempatan untuk hunting Aurora Borealis (The Northern Lights) yang sangat terkenal keindahannya.

Puas di Finlandia, silakan menuju Norwegia, khususnya Oslo. Sesampai di Oslo, wisatawan diajak menuju Museum Viking Ship. Di museum ini, Anda bisa melihat kapal-kapal Viking asli yang ada di Oslo. Museum ini dibangun seorang profesor asal Swedia pada 1913. Museum ini memang sejak awal digunakan untuk menyimpan barang-barang pada zaman Viking yang ada pada sekitar akhir abad ke-19 sampai awal abad ke-20.

Masih di Oslo, Kunjungi Taman Vigeland Sculpture. Taman ini didirikan oleh Gustav Vigeland. Ia sudah membuat lebih dari 200 patung yang terbuat dari granit dan perunggu serta menciptakan kekaguman bagi siapa pun yang melihatnya. Tidak heran jika taman ini dinobatkan sebagai patung taman terbesar di dunia.

Keseruan berbagai pengalaman wisata di dua negara ini dapat dinikmati bersama ATS Vacations.

[*/ACH]

 

Sumber: Kompas, 20 September 2017, Hal. 28.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *