Photo Exhibition “Majapahit: The Natural Environment & Cultural Heritage”

collage

Rusaknya beberapa situs cagar budaya yang terjadi akhir-akhir ini merupakan sebuah kehilangan besar bagi kita semua. Cagar budaya di Indonesia sangat banyak jumlahnya, butuh peran aktif dari pemerintah dan juga masyarakat untuk bisa merawat serta melindungi cagar budaya tersebut. Dalam lingkup Jawa Timur sendiri jumlah cagar budaya sangat banyak, namun tidak semuanya mendapatkan perhatian yang baik dari pemerintah ataupun masyarakat. Tidak adanya upaya konservasi ini dan ditambah dengan rasa ketidapedulian serta rasa kepemilikan yang rendah, membuat bangunan-bangunan cagar budaya ini semakin tersingkirkan secara perlahan.
Karena itu, UC Library bekerjasama dengan Bpk. Akhmad Ryan Pratama (pengampu mata kuliah ISBD-UC) dan komunitas Timur Lawu mengadakan pameran foto bertajuk “Majapahit: The Natural Environment & Cultural Heritage” dari tanggal 13-30 November 2017 bertempat di Library Lounge UC, lt. 2.
Dalam exhibition ini dipamerkan mengenai kondisi faktual beberapa situs cagar budaya kerajaan Majapahit yang terdapat di Jawa Timur. Situs Majapahit kami pilih karena situs-situs ini terletak di Jawa Timur, dan secara geografis sangat dekat dengan Surabaya. Majapahit juga merupakan salah satu kerajaan terbesar di Nusantara dan selain itu, pada bulan Nopember ini merupakan bulan peringatan kelahiran Kerajaan Majapahit yang ke 724 tahun. Karenanya dengan memanfaatkan momentum tersebut, kami berupaya untuk memberikan akses informasi mengenai situs-situs tersebut dengan mengadakan kegiatan ini.
Diharapkan melalui pameran foto ini, dapat memberikan informasi yang akhirnya mampu menggugah rasa bangga akan kepemilikan cagar budaya yang ada di Nusantara, sehingga dengan rasa kebanggaan dan rasa kepemilikan tersebut, akan meningkatkan kepedulian untuk menyelamatkan dan melindungi situs-situs cagar budaya yang ada di Indonesia.
Lestari alamku, lestari budayaku.
“The world is getting more connected through technology and travel. Cuisines are evolving. Some people are scared of globalization, but I think people will always take pride in cultural heritage.” 
– John Mackey
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *